Trik-trik Notepad


Bagi anda, Notepad hanyalah sebuah aplikasi untuk mencatat. dibalik semua itu, ada juta-an rahasia lho! apa itu? yap, Notepad dapat membuat semua file aplikasi. misalnya file html, php, js, .bat, vbs (visual basic script), exe, dll. kali ini saya hanya menjelaskan Script .Bat dan Vbs. bagi yang sudah menguasai visual basic, pasti mengerti coding vbs. nah berikut simak ya.

.Bat adalah file win-DOS yang dapat dibuat dengan notepad. dengan script yang sederhana dan mudah dipahami. pada awal script, biasanya ada perintah @Echo off/on entah mengapa saya belum tahu.
Echo : sebuah perintah yang ingin kita katakan. contoh  = Echo Hello!. jika dijalankan, maka akan muncul tulisan Hello.

pause : memberhentikan sejenak dan apabila mengklik tombol apa saja maka akan resume. contoh =
@echo off
echo Hello USERNAME
pause
echo What's your Name?
pause 
end
--------------end---------------
Bila dijalankan, akan muncul tulisan Hello USERNAME, dan bila kita enter(atau klik apa saja) maka akan berlanjut, dan ada tulisan "What's your Name?" bila kita enter kembali akan berlanjut kembali dan aplikasi keluar.

End : Memberhentikan Aplikasi/menutup aplikasi. digunakan bila ingin menutup aplikasi. contoh seperti pada penjelasan pada Pause.

:LABEL : digunakan untuk membuat menu. pada awalnya harus ada text ":". contoh =

@echo off


:MENU
echo Hello USERNAME!
pause
echo Hello Blogs
pause
Goto Hello


:Hello
echo hello
pause
goto exit


:Exit
end
-----end-----
Jika dijalankan, kali pertama akan muncul menu :MENU, yang berlulisan "Hello USERNAME", jika klik enter, akan lanjut dan akan dibawa ke menu :Hello. nah didalam menu :Hello ada apa? coba lihat codingnya kembali. yap, ada pesan "Hello" dan bila kita Enter makan akan menuju menu :Exit. didalam menu exit terdapat perintah end yang artinya menutup program. maka, program akan ditutup.

cls : perintah ini adalah perintah untuk menghapus perintah sebelumnya. apa maksudnya? bila anda membuat sebuah perintah, maka perintah itu akan terhapus jika aplikasi diulang/pergi keLabel manapun. misalnya aplikasi memiliki perintah pause, setelah script pause ada perintah goto :MENU yang artinya kembali kemenu awal. jika dienter, kita akan dibawa ke menu :MENU, dan perintah sebelumnya pun hilang. cls harus terletak pda bawah script label. oh ya kalau tidak salah yang diulang adalah perintah pada label yang diisi script cls. sya kurang tahu. contoh =

@echo off
:awal
CLS
echo Hello
pause
goto menu2

:menu2
echo Hi!
pause
goto Awal

Mohon Maaf sekali bila ada kesalahan.... Mohpn contact saya bila ada kesalahan terimakasih....
Semoga bermanfaat. Insya Allah saya akan update lagi karena file Dos banyak sekali scriptnya....

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih atas berkomentar